MANFAAT DAN KHASIAT DAUN RAMBUTAN UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Posted by Unknown on Sabtu, 28 September 2013

Indowoman---Indonesia sangat kaya dengan hasil alamnya berupa tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat untuk manusia. Salah satu tanaman yang banyak kita temukan di hampir seluruh nusantara ini adalah pohon buah rambutan. Siapa sich yang tidak kenal buah rambutan, buah dengan rasanya yang manis dan segar. Tapi tahukah anda bahwa Rambutan selain buahnya ternyata daunya pun sangat bermanfaat untuk kita. Rambutan sudah pasti akan lebih di dikenal dengan buahnya daripada daunnya itu sendiri. Meskipun daun ini tidak begitu dikenal atau lebih sering diabaikan, tetapi banyak pakar herbal yang sudah memanfaatkannya. Salah satunya sebagai campuran obat atau sebagai bahan utama untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Daun Rambutan
Beberapa penelitian telah dilakukan terhadap daun rambutan, banyak sekali manfaatnya untuk kita. Tidak hanya untuk bahan utama obat herbal saja, akan tetapi untuk perawatan kecantikan, misalnya untuk menyehatkan rambut dan perawatan rambut. Dan yang paling fenomenal lainnya adalah untuk meningkatkan gairah seksualitas atau meningkatkan hormon, baik untuk pria dan juga wanita. 

Hal ini disebabkan adanya beerapa kandungan yang memiliki manfaat cukup besar.

Berikut Kandungan daun rambutan antara lain ;

Saponin
 
Saponin ada pada seluruh tanaman dengan konsentrasi tinggi pada bagian-bagian tertentu. Saponin  berfungsi  sebagai  antidiabetes. Setelah dilakukan  pemeriksaan  histopatologi,  diketahui bahwa  saponin  mampu  meregenerasi  pankreas  yang  menyebabkan  adanya  peningkatan  jumlah sel  β  pankreas  dan  pulau-pulau   Langerhans sehingga    sekresi    insulin    akan    mengalami peningkatan. 


Tannin
 
Dalam dunia kesehatan tanin mempunyai beberapa khasiat, antara lain:

1. Astrigensia - Pengelat dan Anti diare
Tanin dapat menciutkan (adstrigensia) dan mengeraskan dinding usus, sehingga dapat mengurangi keluar masuknya cairan dalam usus. Tanin juga dapat digunakan untuk menciutkan pori-pori kulit.
2. Anti bakteri
Efek antibakteri tanin antara lain melalui reaksi dengan membran sel. Flavonoid dalam tanin akan mendenaturasi dan mengkoagulasi protein serta merusak membran dinding sel.
3. Antioksidan
Ketekin dalam tanin mempunyai sifat antioksidatif yang berperan dalam melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh
4. Antidotum - Penawar racun
Tanin akan mengeluarkan asam tamak yang tidak larut dan bereaksi dengan alkaloida membentuk tanat yang mengendap.


Polifenol
 
Polifenol yang digunakan untuk produk-produk Polyphenol. Saat ini Polyphenol merupakan salah satu produk anti oksidan yang sangat kuat dan ampuh dalam menangkal radikal bebas. Senyawa ini juga memiliki kemampuan sebagai anti Aging (Anti Penuaan Dini).


Alexiteric
 
Kandungan alexiteric yang juga terdapat dalam daun rambutan, mampu menurunkan kadar toksin yang terdapat di dalam tubuh. Daun rambutan dapat membantu menghindari efek racun dalam tubuh, karena efek aleiteric yang akan mengurai racun tersebut, dan bersifat menghilangkan racun dalam tubuh.


Afrodisiak
 
afrodisiak merupakan jenis makanan atau minuman yang diklaim dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Sebelum Viagra, bahan-bahan natural yang bersifat afrodisiak sudah lebih dulu ada. Seperti kandungan alexiteric dan juga afrodisiak adalah senyawa yang sangat aktif yang ada di dalam daun rambut yang fungsinya mampu meningkatkan gairah seksual. Tidak hanya pada pria saja, akan tetapi pada wanita juga akan meningkatkan hormon seksualitasnya.

Cara membuat ramuan obat tradisional alami dari daun rambutan ;
  1. Ambil beberapa daun ramburan yang bagian ujung dan masih segar, setidaknya satu genggaman tangan
  2. Lalu kamu cuci hingga benar-benar bersih dan tidak ada lagi sisa kotoran
  3. Selanjutnya ambil air minum setidaknya 3 hingga 4 gelas lalu masukkan ke dalam panci
  4. Kemudian masukkan juga daun yang sudah kamu cuci bersih
  5. Lalu rebus air dengan daun rambutan tadi hingga benar-benar mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas air rebusan saja
  6. Kamu juga bisa mencampurnya dengan madu murni atau gula batu agar lebih segar ketika meminumnya
  7. Ikuti anjuran pakar herbal untuk meminum air rebusan daun rambutan, akan tetapi 1 kali dalam sehari tetap tidak memberikan efek samping
Tidak hanya untuk meningkatkan gairah seksualitas dan juga untuk perawatan rambut saja. akan tetapi khasiat daun rambutan pun juga mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Setidaknya mengkonsumsinya secara teratur maka penyakit yang kamu derita akan berangsur-angsur sembuh.

Demikian yang bisa indowoman bagikan, tentang beberapa manfaat dan kahasiat daun rambutan untuk kesehatan dan kecantikan kita para wanita. Semoga bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung lagi di blog ini.

Previous
« Prev Post

Related Posts

September 28, 2013

0 komentar:

Posting Komentar